Senin, 25 Juli 2011

Sentra Ayam Panggang Gandu




Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo,  Kabupaten Magetan Jawa Timur, dikenal sebagai sentra kuliner Ayam Panggang. Di desa ini terdapat belasan warganya yang membuka usaha rumah makan ayam kampung panggang. Keberadaan Ayam Panggang Gandu ini tak lepas dari jerih payah Bu Setu yang berjualan ayam panggang dengan berkeliling desa pada awal tahun 1990. Karena rasanya yang gurih dan banyak di minati warga, ia pun merintis usaha dengan membuka rumah makan ayam panggang.
Rumah yang ia tempati pun disulap sebagai rumah makan dengan konsep lesehan di ruang keluarga sehingga pengunjung serasa menikmati makanan di rumah sendiri. Kelezatan yam panggang gandu terletak dari bahan bakunya yang menggunakan ayam kampung muda dengan resep tradisional pilihan. Pengunjung dapat menikmati kelezatan ayam panggang dengan rasa bawang yang gurih atau bumbu rujak yang pedas. Cita rasa ayam yang dipanggang dengan kayu bakar ini semakin sempurna dengan makanan pendamping seperti trancam, urap, pelas, dan sambal, serta lalapan.
  
Pemilik ayam panggang di desa Gandu hidup rukun dan tidak merasa tersaingi meski rumah diantara penjual ayam panggang merupakan tetangga dekat karena memiliki pelanggan masing-masing. Dalam sehari Bu Setu mampu menjual 200 ekor ayam panggang. Jumlah ini melonjak hingga 700 ekor per hari saat masa liburan seperti lebaran atau tahun baru.

1 komentar:

RESTORAN DI KUDUS mengatakan...

angkat topi bu..... moga tambah maju...

Posting Komentar

 
Powered by Blogger